INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES
PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal : ......................
Mata Pelajaran :
......................
Kls/Prog/Peminatan :
......................
No.
|
Aspek yang ditelaah
|
Butir Soal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A.
1.
|
Materi
Soal sesuai dengan indikator butir soal.
|
|||||
2.
|
Soal
menggunakan stimulus yang menarik (baru, mendorong peserta didik untuk
membaca).
|
|||||
3.
|
Soal
menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll,
sesuai dengan dunia nyata)*
|
|||||
4.
|
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis,
mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan
tahapan-tahapan tertentu.
|
|||||
5.
|
Pilihan
jawaban homogen dan logis.
|
|||||
6.
|
Setiap soal hanya ada satu jawaban yang benar.
|
|||||
7.
|
Jawaban tersirat pada stimulus.
|
|||||
8.
|
Soal tidak mengandung unsur SARAPP (Suku, Agama, Ras,
Anatargolongan, Pornografi, dan Politik).
|
|||||
B.
8.
|
Konstruksi
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
|
|||||
9.
|
Rumusan
pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.
|
|||||
10.
|
Pokok
soal tidak memberi petunjuk ke kunci jawaban.
|
|||||
11.
|
Pokok
soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.
|
|||||
12.
|
Gambar,
grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
|
|||||
13.
|
Panjang pilihan jawaban relatif sama.
|
|||||
14.
|
Pilihan
jawaban tidak menggunakan pernyataan "semua jawaban di atas salah” atau “semua jawaban di atas benar"
dan sejenisnya.
|
|||||
15.
|
Pilihan
jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya
angka atau kronologisnya.
|
|||||
16.
|
Butir
soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
|
|||||
C.
17.
|
Bahasa
Menggunakan
bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan
bahasa asing sesuai kaidahnya.
|
|||||
18.
|
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
|
|||||
19.
|
Pilihan jawaban tidak mengulang kata/kelompok katayang sama, kecuali merupakan satu kesatuan pengertian.
|
*)
Khusus mata pelajaran bahasa dapat menggunakan teks yang tidak kontekstual
(fiksi, karangan, dan sejenisnya).
**) Pada kolom nomor soal diisikan tanda silang (X)
bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
................., ..............................
Penelaah
...........................................
NIP.
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal : ......................
Mata Pelajaran : ......................
Kls/Prog/Peminatan : ......................
No.
|
Aspek yang ditelaah
|
Butir Soal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A.
1.
|
Materi
Soal sesuai dengan indikator (menuntut tes tertulis
untuk bentuk Uraian).
|
|||||
2.
|
Soal
menggunakan stimulus yang menarik (baru, mendorong peserta didik untuk
membaca).
|
|||||
3.
|
Soal
menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll,
sesuai dengan dunia nyata)*
|
|||||
4.
|
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis,
mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan
tahapan-tahapan tertentu.
|
|||||
5.
|
Jawaban tersirat pada stimulus.
|
|||||
6.
|
Soal tidak mengandung unsur SARAPP (Suku, Agama, Ras,
Anatargolongan, Pornografi, dan Politik).
|
|||||
B.
6.
|
Konstruksi
Rumusan kalimat soal
atau pertanyaan menggunakan kata-kata tanya atau perintah yang
menuntut jawaban terurai.
|
|||||
7.
|
Memuat
petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
|
|||||
8.
|
Ada
pedoman penskoran/rubrik sesuai dengan kriteria/kalimat yang mengandung kata
kunci.
|
|||||
9.
|
Gambar,
grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
|
|||||
10.
|
Butir
soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
|
|||||
C.
11.
|
Bahasa
Menggunakan
bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan
bahasa asing sesuai kaidahnya.
|
|||||
12.
|
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
|
*)
Khusus mata pelajaran bahasa dapat menggunakan teks yang tidak kontekstual
(fiksi, karangan, dan sejenisnya).
**) Pada kolom nomor soal diisikan tanda silang (X)
bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
................., ..............................
Penelaah
...........................................
NIP.