INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS - BENTUK TES PILIHAN GANDA DAN URAIAN - Aflah Mungil

Wednesday, November 14, 2018

INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS - BENTUK TES PILIHAN GANDA DAN URAIAN


INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal         : ......................
Mata Pelajaran             : ......................
Kls/Prog/Peminatan                : ......................                                   
No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
2
3
4
5
A.
1.
Materi
Soal sesuai dengan indikator butir soal.





2.
Soal menggunakan stimulus yang menarik (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).





3.
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*





4.
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.





5.
Pilihan jawaban homogen dan logis.





6.
Setiap soal hanya ada satu jawaban yang benar.





7.
Jawaban tersirat pada stimulus.





8.
Soal tidak mengandung unsur SARAPP (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, dan Politik).





B.
8.
Konstruksi
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.





9.
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.





10.
Pokok soal tidak memberi petunjuk ke kunci jawaban.





11.
Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.





12.
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.





13.
Panjang pilihan jawaban relatif sama.





14.
Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan "semua jawaban di atas salah” atau “semua jawaban di atas benar" dan sejenisnya.





15.
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya.





16.
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.





C.
17.
Bahasa
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.





18.
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.





19.
Pilihan jawaban tidak mengulang kata/kelompok katayang sama, kecuali merupakan satu kesatuan pengertian.





*) Khusus mata pelajaran bahasa dapat menggunakan teks yang tidak kontekstual (fiksi, karangan, dan sejenisnya).
**) Pada kolom nomor soal diisikan tanda silang (X) bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.

................., ..............................
Penelaah


...........................................
NIP.
INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal         : ......................
Mata Pelajaran            : ......................
Kls/Prog/Peminatan                : ......................
                                   
No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
2
3
4
5

A.
1.

Materi
Soal sesuai dengan indikator (menuntut tes tertulis untuk bentuk Uraian).





2.
Soal menggunakan stimulus yang menarik (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).





3.
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*





4.
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.





5.
Jawaban tersirat pada stimulus.





6.
Soal tidak mengandung unsur SARAPP (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, dan Politik).





B.
6.
Konstruksi
Rumusan kalimat soal  atau pertanyaan menggunakan kata-kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai.





7.
Memuat petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.





8.
Ada pedoman penskoran/rubrik sesuai dengan kriteria/kalimat yang mengandung kata kunci.





9.
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.





10.
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.





C.
11.
Bahasa
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.





12.
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.





*) Khusus mata pelajaran bahasa dapat menggunakan teks yang tidak kontekstual (fiksi, karangan, dan sejenisnya).
**) Pada kolom nomor soal diisikan tanda silang (X) bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.



................., ..............................
Penelaah



...........................................
NIP.



DOWNLOAD FILE INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS.DOC
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done